Posisi Melahirkan

Posted: 13,May, 2008 in Health

Mengapa tidak melahirkan terlentang di kasur?

http://www.thatkid.com/images/12_991023_labor.jpg

Di beberapa tempat di dunia, wanita melahirkan dengan terlentang di kasur. Bila dipikirkan, terlentang itu tidak masuk akal sama sekali. Kalau si Ibu dalam posisi tegak, gravitasi mendorong kepala bayi ke bawah menuju Cervix (leher rahim), membuatnya mengembang dan menolong proses kelahiran melalui Pelvis. Dan banyak wanita menemukan bahwa terlentang, walau hanya beberapa saat pada waktu pemeriksaan kehamilan, sangat tidak nyaman. Riset, walau secara terbatas, membuktikan bahwa wanita yang tetap bergerak dalam proses melahirkan, mempercepat kelahiran dan menggunakan penahan sakit yang lebih sedikit daripada wanita yang melahirkan di kasur.

Posisi Melahirkan

Tidak ada posisi yang paling enak yang cocok untuk semua wanita. Tetapi perubahan posisi pada saat melahirkan dapat

menolong si Ibu relaks dan mengontrol rasa sakit. Cobalah posisi-posisi yang berbeda-beda sampai menemukan posisi yang nyaman. Ini beberapa ide posisi yang dapat menolong.


Persalinan Tahap Pertama

Bergoyang-goyang sambil duduk

Pada waktu melahirkan, pergerakan yang berirama dapat membuat nyaman. Gerakan badan perlahan-lahan ketika duduk di atas bola hamil (sebuah bola karet besar biasanya digunakan sebagai alat untuk melahirkan secara natural), di pinggir kasur atau di kursi yang kuat.

Kalau si Ibu duduk di atas kursi, mintalah seseorang untuk duduk di lantai sambil bersandar ke kaki si Ibu. Bila si Ibu duduk sambil bersandar ke kursi, tekanan pada lutut nya bisa mengurangi sakit punggung si Ibu.

Bergoyang-goyang sambil berdiri

Berdiri atau berjalan menolong proses kelahiran untuk mendapatkan momentum, terutama di tahap-tahap awal. Bersandar pada suami untuk menahan selagi kontraksi berlangsung. Atau lingkarkan tangan si Ibu ke leher suami dan mulai bergoyang-goyang, seperti sedang slow dance. Posisi ini juga enak untuk mengelus punggung.

Bersandar ke depan

Kalau punggung si Ibu terasa sakit, bersandar ke depan bisa membuat lebih enak. Duduk di kursi seperti di gambar atau bersandar ke atas meja. Posisi ini juga enak untuk mengelus punggung.

Bersandar ke kaki

Ibu boleh bersandar ke depan waktu berdiri. Angkat satu kaki ke atas kursi. Perlahan-lahan bersandar kedepan sewaktu kontraksi. Gunakan kursi yang kecil agar tidak terlalu tinggi dan terasa nyaman. si Ibu bisa bersandar tanpa kursi bila diinginkan, letakkan satu kaki di depan, dan tekuk ke depan perlahan-lahan.

Duduk dengan satu kali di atas

Posisi yang tidak simetris memberikan banyak variasi. Cobalah mengangkat satu kaki waktu duduk. Si Ibu sebaiknya agak sedikit membungkuk ke arah kaki yang di angkat sewaktu kontraksi.

Berlutut

Kadang kala berlutut menolong rasa sakit di punggung. Gunakan bola hamil atau bantal yang banyak. Di Rumah Sakit, angkat kasur dibagian kepala. Berlutut di bagian bawah kasur sambil mengistirahatkan tangan dan badan bagian atas di atas kasur.

Jongkok

Posisi jongkok menolong membuka pelvis si Ibu, memberikan si bayi ruang untuk berputar sewaktu bergeran melalui lorong rahim. Jongkok juga membuat si Ibu mendorong lebih efektif sewaktu melahirkan. Gunakan kursi yang kuat atau palang jongkok yang disediakan di kasur untuk menahan. Jongkok dengan bertahan ke tembok atau ke suami juga diperbolehkan.


Persalinan Tahap kedua

Setengah duduk

Posisikan si Ibu dengan bantal di punggungnya, atau minta suami untuk duduk membelakangi si Ibu. Pada waktu kontraksi, bungkukkan badan ke depan atau tarik kaki ke atas.

Merondang

Tidak perlu merasa malu untuk berposisi merondang sewaktu melahirkan. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang punggung, sehingga sakit punggung tidak akan terasa dan menolong memutar si Bayi ke posisi yang lebih enak untuk melahirkan. Posisi merondang juga memberikan si Bayi suplai oksigen lebih banyak.

Tidur Miring

Waktu si Ibu perlu istirahat, cobalah posisi tidur yang miring. Tempatkan bantal di sela-sela kali agar nyaman. Posisi ini memaksimalkan peredaran darah ke uterus dan si Bayi. Posisi tidur miring juga menolong si ibu untuk menahan berat si Bayi, dan meringankan sakit punggung.

Ingat, tidak ada posisi yang sempurna untuk melahirkan. Diskusikan dengan Dokter sebelumnya tapi tetap fleksibel. Cobalah bereksperimen untuk menemukan posisi yang paling enak.

Sumber:

  1. Baby Centre
  2. Transition to Parenthood
  3. Woman’s Health Matters
  4. Mayo Clinic
  5. Birth International
About these ads
Comments
  1. ichsanul says:

    Vagina adalah saluran sepanjang 7,5-10 cm; ujung atasnya berhubungan dengan serviks (leher rahim/bagian terendah dari rahim), sedangkan ujung bawahnya berhubungan dengan vulva.
    Dinding vagina dilapisi oleh epitelium yang terbentuk dari sel-sel skuamosa. Di bawah epitelium terdapat jaringan ikat, otot involunter, kelenjar getah bening dan persarafan.
    Dinding vagina memiliki banyak lipatan yang membantu agar vagina tetap terbuka selama hubungan seksual atau proses persalinan berlangsung.

  2. mokonawp says:

    ohh… jadi maksudnya gmn sih :D he.he.he.

  3. mimiku says:

    mau tau vidio melahirkan bisa download dmana yach ?? minta informasinya donk trimakasih,,,

  4. sriwi says:

    oohh…jadi boleh ya posisi gitu, habis, sdh dua kali saya melahirkan posisinya terlentang di kasur dan emang itu menyiksa sekali, apalagi saat kontraksi, pingin duduk tapi dilarang ama bidannya, “nanti sobeknya lebar bu”, kata bidannya.

  5. maulina says:

    ya… yang jelas buatlah suasana senyaman mungkin. dalam keadaan yang nyaman kita tidak akan terlalu merasakan rasa sakit yang dialami. coba dengan olah pernapasan yang baik pada saat kontraksi berlangsung, cara mengatur nafas yang benar merupakan langkah jitu dalam menjalankan tahap demi tahap, kita dapat mendapatkan pelanjarannya saat senam hamil.

  6. yana says:

    saya sekarang hamil mau 8 bulan.waktu anak pertama saya melahirkan dengan caesar,sekarang anak pertama saya umurnya 29 bulan.saya melahirkan caesar karena telat bulan b& bayi tidak mau turun.
    apakah saya bisa melahir normal ?

  7. ela says:

    teman saya katanya pernah melahirkan, terus dokternya sambil usap2 klitoris sampe teman saya klimak dan diantara puncak klimak dia tidak sadar klo sang bayi sudah nongol dan tidak terasa sakit.
    apa iya bisa begitu?

  8. dinda says:

    Skr sy hamil 4 bln … Dulux waktu blm hamil, setiap berhubungan ga perna sikit… Tp skrg stiap berhubungan sering sakit,,,kira2 klo sy mlahirkn susah ga ya?

  9. iyan says:

    istri megandung 9 bulan anak pertama. akhir-akhir ini dia merasakan panas, kepala pusing dan dada terasa sesak. apakah itu normal. bagaimana mengurangi/menghilangan keluhan tersebut trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s